Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Standar MBKM Universitas Islam Jakarta

 


Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan Standar MBKM - Universitas Islam Jakarta (UID) ini. Standar MBKM UID ini merupakan dokumen panduan dalam implementasi Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang harus diacu oleh seluruh unit kerja di lingkungan Universitas Islam Jakarta. 

Permendikbud No 3 Tahun 2020 Tentang  Standar Nasional Pendidikan Tinggi memberi amanah bahwa perguruan tinggi diharuskan memberikan hak kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studinya selama 3 (tiga) semester. Di samping itu, Kepmendikbud No. 754/P/2020 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi Negeri memberi amanah kepada perguruan tinggi untuk melakukan transformasi pendidikan tinggi berdasarkan kebijakan Kampus Merdeka melalui kebijakan 8 (delapan) indikator kinerja utama (IKU). Salah satu IKU yang dapat menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi adalah memfasilitas mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus. Pertukaran Mahasiswa merupakan salah satu bentuk pembelajaran sebagaimana disebutkan dalam Pasal 14 Permendikbud No 3 Tahun 2020. Studi. Pertukaran Mahasiswa juga merupakan salah satu bentuk kegiatan MBKM yang ditetapkan berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, dan telah diatur oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020.

Standar MBKM UID ini merupakan terbitan pertama dan disusun sebagai acuan bagi pelaksanaan MBKM, baik pada tingkat universitas, fakultas, dan program studi. Kami berharap semoga Standar MBKM UID ini dijadikan panduan bagi pengelola Universitas, fakultas, program studi, unit kerja, para dosen, staf tenaga kependidikan, dan mahasiswa dalam implementasi Program MBKM dan peningkatan kualitas Tri Dharma perguruan tinggi. 

Penghargaan setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih disampaikan kepada seluruh anggota Tim Penyusun Standar MBKM UID dan semua pihak yang telah membantu penyusunan Standar MBKM UID.

(Download Dokumen)